Tanam 1.708 Bibit Vegetasi Pantai di Kota Palu, Plt. Dirjen PRL: Manfaatkan Wilayah Pesisir Sebagai Benteng Alami

Tanam 1.708 Bibit Vegetasi Pantai di Kota Palu, Plt. Dirjen PRL: Manfaatkan Wilayah Pesisir Sebagai Benteng Alami
Penanaman RIbuan Bibit Vegetasi Pantai di Kota Palu

PALU - Pasca bencana tsunami melanda kota Palu dan menimbulkan kerusakan serta korban jiwa dua tahun lalu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) melakukan penanaman 1.708 bibit vegetasi pantai di Kota Palu, Sulteng, pada awal Desember lalu, sebagai bentuk mitigasi bencana.

Penanaman vegetasi pantai dimaksudkan sebagai upaya mitigasi untuk mencegah kerugian yang ditimbulkan apabila terjadi tsunami. Dikutip dari http://infopublik.id, menurut Plt. Dirjen PRL, TB Haeru Rahayu yang biasa disapa Tebe, vegetasi pantai di sepanjang garis pantai dapat berfungsi sebagai sabuk pantai dalam mereduksi tsunami.

“Konfigurasi vegetasi pantai dengan ketebalan dan kerapatan tertentu akan membentuk sabuk pantai yang memberikan manfaat bagi lingkungan pesisir dan masyarakat, ” ujarnya, Minggu (20/12/2020).

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa sebagian pesisir Indonesia mulai dari Pantai Barat Sumatera, Selatan Jawa, Selatan Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku, sebagian Sulawesi dan bahkan Papua rawan bencana, terutama Tsunami. Menurutnya, permasalahan bencana di wilayah pesisir harus mendapat perhatian lebih dari semua pihak.

Dalam hal ini, Tebe turut mengingatkan agar peristiwa bencana alam tsunami yang melanda Teluk Palu pada tahun 2018 lalu menjadi pembelajaran tentang pentingnya memanfaatkan wilayah pesisir sebagai benteng alami terhadap pencegahan bencana.

“Bukan hanya vegetasi pantai, KKP juga melakukan program Pengembangan Kawasan Pesisir Tangguh (PKPT) di Kabupaten Bombana dan Kabupaten Lombok Timur pada tahun 2020 ini, ” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Muhammad Yusuf menerangkan tujuan dari kegiatan penanaman vegetasi pantai ini untuk memperkuat ketangguhan kawasan pesisir yang rawan terhadap bencana tsunami.

“Program penanaman vegetasi pantai di Kota Palu tersebar di empat wilayah pesisir, yaitu Kelurahan Panau, Kelurahan Kayumalue Pajeko, Kelurahan Mamboro Barat, dan Kelurahan Layana Indah. Jenis vegetasi yang ditanam adalah Ketapang dengan pertimbangan substrat pantai berpasir dan dominasi ketapang pada area tersebut, ” terang Yusuf.

Yusuf pun menjelaskan, dengan adanya penanaman vegetasi pantai ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sehingga dapat mengurangi potensi resiko baik moril maupun materil masyarakat pesisir akibat bencana tsunami.

“Vegetasi pantai beserta kelengkapannya bersifat multifungsi, yakni selain berfungsi sebagai _buffer_ untuk mengurangi energi dan dampak bencana terhadap infrastruktur pantai, juga berperan dalam membangkitkan ekonomi masyarakat pesisir melalui mata pencaharian alternatif yang muncul dari adanya kawasan hutan pantai, ” tandasnya.

(*/eko prasetyo)

Palu
Eko Prasetyo

Eko Prasetyo

Previous Article

Gubernur Nova Iriansyah Resmikan Masjid...

Next Article

Kasus Covid-19 di Palu Terus Melonjak, Puluhan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 246

Postingan Tahun ini: 1529

Registered: Sep 25, 2020

Update

Update verified

Postingan Bulan ini: 244

Postingan Tahun ini: 2582

Registered: Jul 9, 2020

Andy

Andy

Postingan Bulan ini: 240

Postingan Tahun ini: 309

Registered: Nov 20, 2020

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 197

Postingan Tahun ini: 1031

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Joni Hermanto

Kabupaten Tana Toraja Masuk Daftar PPKM Level 4, Kapolres: Penyekatan di Perbatasan Mulai  Hari Senin
Besok Sidang MK  Dan Jika Terjadi Kembali Pelanggaran PSU Jilid II, Apakah PSU Kembali Atau Salah Satu Paslon Di Diskualifikasi Oleh MK ?
Warga Nagori Mancuk Ditemukan Tewas di Areal PTPN IV Kebun Dosin, Dugaan Akibat Gigitan Ular Berbisa
Bravo...Polres Labuhanbatu Grebek Judi 12 Mesin Jackpot Di Sekitar Lingkungan Rumah Cawabup Labuhanbatu

Follow Us

Recommended Posts

Percepat Pengembangan Kendaraan Listrik, Kemenhub  Gandeng Nottingham University
Tony Rosyid: Makin Digoyang, Anies Semakin Matang
Anggota DPR RI Ace Hasan Syadzily: Usut Tuntas Oknum Pemotong Dana Bansos
Rapat Rencana Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 Dikantor Bupati Buo
BNPT Beri Bantuan ke Korban Terorisme di Sigi dan Poso