Optimalisasi Peran Prusda, PRIMA Sulteng Berikan Empat Point Penting

Optimalisasi Peran Prusda, PRIMA Sulteng Berikan Empat Point Penting
Azman Asgar, Juru Bicara (Jubir) Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) Sulawesi Tengah

PALU - Azman Asgar, Juru Bicara (Jubir) Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) Sulawesi Tengah kembali angkat bicara terkait potensi BUMD di daerah.

Menurutnya, jika merujuk pada pasal 5 ayat (2) Undang-undang Nomor 5 Tahun 1962 tentang Perusahaan Daerah, BUMD bertujuan untuk turut serta melaksanakan pembangunan daerah khsusunya dan pembangunan ekonomi nasional umumnya, untuk memenuhi kebutuhan rakyat menuju masyarakat adil makmur.

"Jika merujuk pada Pasal dan UU di atas, maka peran BUMD begitu strategis dalam menentukan pembangunan sebuah daerah, sekaligus menjadi simbol kemandirian daerah, " katanya dalam press release yang diterima indonesiasatu.co.id, Senin (19/07/2021).

Pengoptimalan peran Perusda sebagai Badan Usaha Milik Daerah dalam meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan menciptakan lapangan kerja kata Azman, menjadi tugas utama pemerintahan baru Provinsi Sulawesi Tengah kedepannya.

Bagi Jubir Prima itu, dalam meningkatkan sumber pendapatan baru bagi PAD Provinsi Sulawesi Tengah, paling tidak ada 4 (empat) poin penting yang kami anggap penting untuk dikerjakan pemerintah daerah untuk memaksimalkan kinerja Perusda Sulteng.

Keempatnya yaitu BUMD tidak perlu lagi menerima dana penyertaan modal yang bersumber dari APBD Provinsi Sulawesi Tengah, sudah jadi pengetahuan umum konsepsi pembiayaan seperti ini "besar pasak dari pada tiang" serta rawan untuk diselewengkan.

Lalu BUMD untuk mendapatkan modal dengan konsep new rules, Pemerintahan Provinsi mengkonsolidasikan aset daerah yang belum termanfaatkan dijadikan jaminan ke Bank, dari Bank inilah menjadi modal BUMD untuk menggerakan bisnis to bisnis BUMD memiliki dua kewajiban, membayar kredit ke Bank dan membagi deviden dengan pemerintah Provinsi.

BUMD juga segera melanjutkan dan mengoprasionalkan BUMD Migas yang sempat tertunda pada rezim sebelumnya, upaya ini sebagai jalan pengambilan hak partisipasi 10% pada operasi migas di Kabupaten Banggai yang sudah produksi sejak tahun 2015. Hal yang tidak boleh di tawar atau ditunda.

Dan yang terakhir, Mode operasi BUMD hendaknya di buat lebih agresif dalam bentuk Joint Venture dengan intentitas bisnis yang sudah eksis di lapangan pertambangan atau perkebunan, ini untuk mempercepat perolehan deviden dan adaptasi bisnis murni oleh BUMD.

"Sebagai contoh, pemerintah provinsi memiliki kewenangan menetapkan Tandan Buah Segar (TBS). Pada prakteknya banyak perusahaan sawit membeli jauh di bawah harga TBS yang ditetapkan pemerintah daer Koperasi Tani. TBS yang berasal dari Koperasi Tani di beli oleh BUMD berdasarkan harga TBS, tentu berdasarkan hukum kontrak dan tidak mengabaikan kontrak sebelumnya antara koperasi tani dengan perusahaan sawit, " jelasnya. (eko)

Sulteng Palu
Eko Prasetyo

Eko Prasetyo

Previous Article

Terkait Komposisi Perusda, Ini Kata Jubir...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 246

Postingan Tahun ini: 1529

Registered: Sep 25, 2020

Update

Update verified

Postingan Bulan ini: 244

Postingan Tahun ini: 2582

Registered: Jul 9, 2020

Andy

Andy

Postingan Bulan ini: 240

Postingan Tahun ini: 309

Registered: Nov 20, 2020

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 197

Postingan Tahun ini: 1031

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Joni Hermanto

Kabupaten Tana Toraja Masuk Daftar PPKM Level 4, Kapolres: Penyekatan di Perbatasan Mulai  Hari Senin
Besok Sidang MK  Dan Jika Terjadi Kembali Pelanggaran PSU Jilid II, Apakah PSU Kembali Atau Salah Satu Paslon Di Diskualifikasi Oleh MK ?
Warga Nagori Mancuk Ditemukan Tewas di Areal PTPN IV Kebun Dosin, Dugaan Akibat Gigitan Ular Berbisa
Bravo...Polres Labuhanbatu Grebek Judi 12 Mesin Jackpot Di Sekitar Lingkungan Rumah Cawabup Labuhanbatu

Follow Us

Recommended Posts

Percepat Pengembangan Kendaraan Listrik, Kemenhub  Gandeng Nottingham University
Tony Rosyid: Makin Digoyang, Anies Semakin Matang
Anggota DPR RI Ace Hasan Syadzily: Usut Tuntas Oknum Pemotong Dana Bansos
Rapat Rencana Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 Dikantor Bupati Buo
BNPT Beri Bantuan ke Korban Terorisme di Sigi dan Poso